Select Page

Tanaman yang Cocok untuk Kebun di Rumah – Imlek sebentar lagi tiba. Salah satu persiapan wajib dalam menyambut tahun baru imlek bagi warga keturunan Tionghoa adalah membeli tanaman khas Imlek, seperti jeruk kip dan bambu rezeki. Kedua tanaman ini dipercaya dapat membawa rejeki bagi siapapun yang menghadirkannya di rumah saat perayaan imlek. Tak heran, jika kedua tanaman ini banyak diburu untuk diletakkan di sudut rumah. Apalagi, kedua tanaman ini memiliki tampilan yang menarik dan mampu mempercantik interior maupun eksterior rumah. “Saya dan keluarga masih percaya kedua tanaman ini pembawa berkah. Makanya, setiap tahun pasti membeli tanaman ini untuk diletakkan di sudut rumah. Biasanya sih ditaruh di ruang tamu, ruang keluarga, dan teras rumah,” ucap Ang Leonard S, atau biasa dipanggil Koko Leo. Tak hanya 1 pohon, Koko Leo biasa membeli beberapa buah tanaman. “Biar rejekinya makin berlipatlipat saja,” tambahnya. Tak lupa agar aktivitas di rumah tidak terganggu, koko leo yang berdomisili di Surabaya ini melengkap rumahnya dengan genset perkins berkapasitas 10 kva. Koko Leo membeli genset di Salah satu distributor jual genset Surabaya yakni PT Rajawali Indo utama, yang menyediakan genset berkualitas dan bergaransi

PENJUAL TANAMAN MAKIN MENJAMUR

Tingginya permintaan akan pohon jeruk kip dan bambu rezeki ini membuat banyak sentra tanaman hias menyediakan tanaman ini. Bahkan, mereka sudah mulai memasarkan tanaman ini 1 bulan sebelum imlek tiba. Di sentra tanaman hias Jalan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, misalnya. Salah satu lapak yang menarik pandangan adalah lapak tanaman hias milik Rohenda. Anda dapat melihat jajaran pohon jeruk kip berbuah oranye terang dan menyegarkan mata. Di sini, ada ratusan pohon jeruk kip yang siap dijual. Tinggal Anda pilih mau yang mana, terus lakukan pembayaran, dan Anda pun dapat membawa pulang pohon ini. Tak berbeda dengan penjual pohon jeruk kip, di beberapa lapak di sentra tanaman hias GBK ini juga menjual tanaman bambu rejeki. Berbeda dengan jeruk kip, tanaman ini tidak dijual per pohon atau per batang. Tanaman ini dijual dalam bentuk potongan kecil-kecil yang disusun rapi menyerupai gunungan lalu dihias pita berwarna merah.

JERUK KIP IMPOR, BAMBU REJEKI LOKAL

Jika dilihat secara harga, 1 pohon jeruk kip ini bisa dibilang relatif mahal. Bukan hanya karena sedang diburu banyak orang, ini dikarenakan tanaman jeruk kip ini masuk ke kategori tanaman impor yang berasal dari Tiongkok. “Jeruk kip belum bisa dibudidayakan dengan baik di Indonesia. Jika ditanam di sini (Indonesia) warna buahnya enggak bisa oranye terang. Ukuran buah jeruk kip yang dikembangkan di Indonesia pun jadi lebih kecil sehingga kurang menarik jika dilihat,” ucap Rohenda. Berbeda dengan pohon jeruk kip, harga tanaman bambu rejeki jauh lebih murah. Ini dikarenakan masih banyak orang Indonesia yang membudidayakan tanaman ini. Jika tanaman jeruk kip yang menarik buahnya, daya tarik bambu rejeki adalah penyusunan batang dan tunas yang baru tumbuh. Apakah Anda sudah siap menyemarakkan imlek tahun ini dengan kedua tanaman ini? Semoga dengan hadirnya kedua tanaman ini membawa hoki bagi Anda. Gong Xi Fa Cai!.