Select Page

Selama ini hanya mengetahui dua jenis tempat sampah? Ternyata jenis tempat sampah dan tempat sampah outdoor ada banyak. Artikel ini akan menampilkan 5 jenis tempat sampah yang perlu kita ketahui.

Karena jenis sampah ini banyak maka sudah seharusnya jenis tempat sampah untuk memisahkanyapun juga banyak. Jenis – jenis sampah yang dapat dibedakan adalah jenis sampah organik, non organik, B3, kertas dan residu.

Pemisahan tempat sampah ini bertujuan untuk memudahkan saat kita akan mengolah kembali sampah tersebut. Agar sampah tidak lagi tercampur antara yang basah dengan yang kering, yang reaktif dengan yang basah dan sebagainya.

5 jenis sampah ini dapat dipisahkan pada tempatnya masing – masing mengikuti warna dari tempat sampah yang sudah ditetapkan.

Untuk 5 jneis warna tempat sampah ini mungkin belum familiar di Indonesia. Tapi tidak ada salahnya bila anda mengetahui warna dan fungsi dari tempat sampah tersebut.

5 Jenis Tempat Sampah yang Perlu Kita Ketahui.

Berikut 5 warna tempat sampah dan kegunaannya untuk sampah jenis apa.

  • Warna Hijau.

Tempat sampah warna hijau ini dapat digunakan untuk sampah sampah organik. Sampah jenis inilah yang nantinya dapat anda daur ulang menjadi bentuk pupuk. Tempat sampah ini dapat mempercepat pembuatan kompos karena sudah terpisah dari jenis sampah lainya.

  • Warna Kuning.

Tempat sampah warna kuning berfungsi untuk menampung sampah an organik, yakni sampah yang sukar untuk terurai. Seperti plastik bekas, gelas bekas air mineral kemasan jenis plastik dan lain- lain.

  • Warna Merah.

Sampah merah berfungsi untuk menampung sampah B3. B3 adalah sampah (Bahan Berbahaya dan Beracun) seperti sampah beling, obat nyamuk, kaca, gelas beling, bekas detergen.

  • Warna Biru

Tempat sampah warna biru ini dikhususkan untuk sampah – sampah kertas. Pemisahan ini difungsikan untuk memudahkan saat akan mendaur ulang sampah kertas.

  • Warna Abu.

Tempat sampah warna abu digunakan untuk sampah residu. Residu adalah jenis sampah yang tidak dapat diolah kembali.

Demikian artikel tentang 5 jenis tempat sampah yang perlu kita ketahui semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.