Select Page

Banyak blogger yang merasa bahwa semakin banyak backlink maka akan semakin bagus pengaruhnya untuk website. Padahal, backlink itu bukan dinilai dari kuantitasnya tapi dari kualitasnya. Jika backlinknya banyak tapi kualitasnya sangat buruk maka jangan harap website Anda akan memiliki nilai yang bagus di mesin pencari, bahkan website Anda bisa terdeteksi sebagai spam link.

Namun, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas memang tidak mudah karena sangat sedikit situs yang populer mau menempatkan link yang tidak dikenal. Maka dari itu, jangan asal membuat backlink karena bisa-bisa bukannya website Anda naik peringkat tapi malah hilang dari mesin pencarian Google. Pasti nggak mau dong…!

Nah, berikut ini beberapa macam backlink yang memiliki kualitas yang bagus :

Memilih Backlink yang Memiliki Kualitas Terbaik

Private Blog Network (PBN)

Backlink yang satu ini sedang sangat booming karena kualitasnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, Anda juga harus mengetahui cara yang benar membangun backlink dari PBN karena backlink jenis ini masuk ke dalam kategori Grey Hat.

PBN menggunakan domain yang sudah berumur dan memiliki riwayat backlink yang bagus, sedangkan kontennya diisi dengan artikel yang berkualitas atau tidak boleh copas harus full tulis manual. Tidak heran jika PBN disebut sebagai jenis backlink yang sangat bagus sekarang ini.

Gunakan Social Bookmark

Mungkin kalian pernah dengar situs reddit dan stumbleupon ? yups, itulah kedua contoh situs social bookmark yang sudah cukup terkenal. Bagi Anda yang belum tahu, social bookmark merupakan situs untuk menyimpan link atau url suatu website.

Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur penyimpanan link di social bookmark sebagai backlink untuk website Anda.

Manfaatkan Thread Forum

Jika kalian pernah mampir di forum kaskus dan sebagainya pasti tahu dong apa itu thread ? Sedikit penjelasan aja, thread merupakan tempat untuk membuat postingan di dalam forum, baik itu postingan berupa tulisan ataupun jualan. Nah, nantinya di dalam thread yang Anda tulis bisa disisipkan link menuju website Anda. Namun, untuk membuat thread Anda harus terdaftar sebagai member forum terlebih dahulu.

Ketiga jenis backlink ini sebenarnya cukup simpel tapi sayangnya masih jarang blogger yang mau menggunakannya. Biasanya ketiga backlink ini juga sering dipakai oleh para penyedia jasa backlink berkualitas.