Select Page

Saat ini mencari ide untuk dapat mengurangi sampah di bumi harusnya memang menjadi kewajiban kita bersama. Karena apabila lingkungan rusak, bumi rusak, alam rusak, yang akan kena pasti akan kita juga.

Tidak peduli kita orang dengan harta berlimpah atau tidak, atau dari negara maju atau bukan, yang jelas kita harus turut andil dalam menjaga lingkungan.

Saat ini pencemaran di bumi kita sudah sangat parah, mulai dari polusi, limbah, pencemaran, dll sudah menyatu dengan alam kita.

Makanya perlu ada beberapa upaya yang nyata yang bisa kita lakukan demi lingkungan kita agar tetap terjaga kealamiannya. Berikut ini adalah tips versi Zero Waste yang harus kamu ketahui :

  1. Bulk Shopping

Jika kita artikan menggunakan google translate, pasti secara harfiah artinya adalah berbelanja dalam jumlah yang banyak. Namun sebetulnya ini memiliki arti yang lebih dari itu.

Saat ini di Indonesia mungkin bisa dibilang sudah sedikit menerapkan hal tersebut, dimana masyarakat yang berbelanja ke pasar tradisional biasanya membeli barang – barang sekaligus dalam 1 kantong, tidak dikemas satuan seperti di pasar modern.

Yang pasti dalam bulk shopping, kita harus menggunakan tas sendiri dari rumah seperti totebag dll untuk mengurangi plastik.

  • Kurangi jajan makanan

Mungkin terkadang kita merasa bosan dengan makanan yang itu – itu saja yang selalu kita makan. Makanya, seringkali kita memesan makanan via online, atau kita datang sendiri ke restoran.

Namun yang harus kamu perhatikan saat kamu memesan makanan secara online tersebut, adalah bahan pembungkus makanannya yang biasanya terbuat dari styrofoam atau yang lainnya yang biasanya sulit untuk terurai alami dan sulit didaur ulang.

  • Biasakan bawa alat makan dan minum sendiri

Nah ini juga yang perlu dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik. Bisa juga dengan membuang sampah kedalam tempat sampah 3 warna . Dengan kita memiliki kebiasaan seperti itu, maka kita sebetulnya sudah turut andil dalam mengurangi penggunaan plastik.

Jika ada 100 orang yang memiliki kebiasaan seperti ini, maka jelas sampah plastik nantinya akan lebih berkurang.

Nah itulah tiga tips yang bisa kita lakukan agar sampah bisa berkurang dan penggunaan plastik pun bisa berkurang. Ayo segera terapkan tips di atas di kehidupanmu sehari – hari ya.