Select Page

Makanan sehat khususnya untuk penderita sakit jantung tentu menjadi perhatian khusus. Banyak sekali pantangan makanan yang berbahaya bagi penderita jantung. Namun bukan berarti makanan enak tidak bisa dimakan oleh penderita jantung. Namun jika sakit berlanjut, ada baiknya jika kamu panggil dokter jantung untuk mendapatkan penanganan khusus.

Berikut ini adalah list makanan terbaik untuk kesehatan jantung yang perlu kamu coba

Rempah-rempah

Sekiranya Anda mengimbuhkan rempah-rempah ke kuliner Anda sebagai substitusi garam, Anda telah membikin opsi pas untuk jantung. Rempah mengimbuhkan rasa tanpa berikan dampak buruk. Menambahkan banyak bumbu non garam yaitu sistem lezat untuk jantung sehat.

Kacang hitam

Kacang hitam yang lembut penuh bersama dengan gizi untuk jantung. Folat, antioksidan, dan magnesium bisa menolong turunkan tekanan darah. Serat di dalamnya bisa menolong membatasi persentase kolesterol dan gula darah. Tambahkan kacang pada sup dan salad Anda.

Anggur merah dan resveratrol

Sekiranya Anda minum alkohol, sedikit anggur merah mungkin jadi opsi yang sehat untuk jantung. Resveratrol dan catechin, dua antioksidan di dalam anggur merah, bisa melindungi dinding arteri. Sedikit alkohol terhitung bisa meningkatkan HDL (kolesterol bagus).

jangan mengonsumsi lebih berasal dari satu gelas sehari, dan optimal dua gelas untuk pria. Sebaiknya bicarakan bersama dengan dokter Anda terpenting dulu. Alkohol bisa menyebabkan persoalan bagi orang-orang yang mengkonsumsi aspirin dan obat lain.

Salmon: Makanan super

Salmon dianggap makanan paling baik untuk kesehatan jantung sebab kaya akan omega-3. Omega-3 yaitu lemak sehat yang bisa kurangi risiko gangguan irama jantung dan turunkan tekanan darah. Omega-3 mungkin terhitung dapat turunkan trigliserida dan menahan peradangan. Asosiasi Jantung AS memberi saran dua porsi salmon atau ikan berminyak lainnya di dalam seminggu.

Kiat: Panggang salmon di dalam almunium foil beserta rempah dan sayuran. Punya salmon sisa? Buat jadi fish taco atau salad.

Tuna untuk Omega-3

Lebih murah ketimbang salmon, tuna terhitung mempunyai omega-3. Albacore (tuna putih) mempunyai omega-3 lebih banyak berasal dari tuna lainnya. Coba panggang steak tuna bersama dengan dill dan lemon. Temukan terhitung omega-3 berasal dari sumber-sumber lain tersebut ini: mackerel, ikan herring, trout, sarden, dan anchovies.

Kiat: Pilih tuna yang dikemas di dalam air, bukan minyak, untuk menjaganya konsisten sehat.

Minyak zaitun

Minyak ini adalah lemak sehat yang terbuat berasal dari buah zaitun yang dihancurkan. Minyak zaitun kaya antioksidan yang sehat bagi jantung. Dia terhitung bisa melindungi pembuluh darah Anda. Dikala minyak zaitun diaplikasikan untuk mengambil alih lemak jenuh, seperti mentega, dia terhitung bisa menolong turunkan persentase kolesterol. Coba pakai untuk salad dan memasak sayuran, atau bersama dengan roti.

Kiat: Untuk rasa paling ideal, cari yang cold-pressed dan pakailah di dalam pas 6 bulan.

Kenari

Sedikit kenari sehari bisa turunkan kolesterol Anda. Kacang ini terhitung bisa melindungi arteri jantung berasal dari peradangan. Kenari penuh bersama dengan omega-3, lemak sehat yang disebut lemak tidak jemu tunggal, dan serat. Anda dapat menerima manfaatnya bersama dengan mengganti lemak jahat seperti yang tersedia di kerupuk dan cookies, bersama dengan minyak kenari..

Tip: Pakai minyak kenari sebagai saus salad.

Almond

Almond layak bersama dengan sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Mereka mempunyai sterol, serat, dan lemak yang bagus untuk jantung. Almond bisa menolong turunkan kolesterol “jahat” LDL. Konsumsilah segenggam almond di dalam sehari.

Kiat: Panggang almond untuk memperkuat rasanya.

Edamame

Anda mungkin telah pernah memperhatikan kacang ini sebagai hidangan pembuka di kafe Jepang. Edamame yaitu kata di dalam bahasa Jepang untuk kedelai. Proteinnya bisa menolong turunkan persentase kolesterol. Secangkir edamame terhitung mempunyai 8 gram serat yang menyehatkan jantung, berimbang bersama dengan empat potong roti gandum.

Referensi: Prosehat